Monday, July 23, 2012

TIPS MERAWAT JAM TANGAN

Senang rasanya bila jam tangan yang kita kenakan dapat menjadi nilai tambah pada penampilan kita karena daya tarik yang ditimbulkan kepada orang-orang yang berada di sekitar. Daya tarik jam tangan tak hanya dihasilkan dari harga ataupun model jam tetapi juga dari keindahan dan kebersihan jam tangan. Karena Jam mahal dengan model bagus sekalipun akan kehilangan keindahannya jika warna dan bentuknya sudah tak terawat lagi.

Keindahan dan kebersihan jam tangan akan kita peroleh apabila kita mengetahui hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan dalam merawat jam tangan tersebut sehingga keindahannya masih terjaga.
Berikut akan dijelaskan beberapa tips dalam merawat jam tangan kesayangan anda.
a. Waspada terhadap baterai.
Apabila baterai jam tangan anda sudah tidak berfungsi (rusak), maka segera gantilah dengan baterai yang baru. Hal itu dilakukan untuk menghindari keluarnya carian dari batere yang rusak yang dapat merusak mesin jam tangan Anda. Selain itu gunakan lah batere yang sesuai dengan jam tangan Anda dan membelinya di toko jam terpercaya.
b. Hindari meletakkan jam tangan didekat atau diatas objek yang memiliki daya magnetik.
Barang-barang yang memiliki daya magnetik dapat memiliki pengaruh buruk terhadap jam tangan apabila kita meletakkan jam tangan kesayangan. Magnet yang dihasilkan oleh objek-objek tersebut akan menghasilkan gaya tarik menarik terhadap komponen jam tangan kesayangan Anda. Objek yang memiliki daya magnetik diantaranya lemari es, loudspeaker, DVD, magnet, dan lain-lain.
c. Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang memiliki kontak langsung dengan jam tangan Anda.
Ketika membersihkan jam tangan kesayangan pastikan Anda tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Pastikan Anda menggunakan cairan yang direkomendasikan oleh Toko Jam terpercaya. Hal itu dapat menyebabkan kerusakan perubahan warna jam tangan Anda.
d. Usahakan Jam Tangan Selalu Kering.
Meski jam tangan Anda memiliki teknologi waterproof dan stainless stell, jangan digunakan dalan aktifitas yang dapat membuat jam basah, seperti mandi atau menyelam. Karena air yang terus menerus dibiarkan membasahi jam tangan akan memiliki efek merusak, bahkan mampu menimbulkan karat.
Apabila jam Anda karena terkena cairan, gunakanlah kain halus untuk membersihkannya. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari terbentuknya goresan pada permukaan jam.
e. Jangan mengenakan jam tangan Anda ketika melakukan aktifitas berat.
Aktifitas berat yang Anda lakukan dapat menyebabkan berbagai resiko yang dapat menimbulkan kerusakan pada jam tangan Anda. Seperti resiko goncangan, gesekan, terbakar sengatan matahari, cairan kimia maupun kerusakan mekanis.
f. Pastikan kepala gigi (crown) berada pada posisi normal ketika melakukan penyesuaian jam.
Pastikan crown arloji Anda terkunci pada posisi normal setiap kali Anda menyesuaikan posisi jarum jam. Hal tersebut berfungsi menghindarkan masuknya air maupun cairan kedalam mesin jam tangan yang dapat menimbulkan kerusakan.
g. Percayakan Pada Layanan Servis Jam Terpercaya.
Jika terjadi kerusakan sebaiknya layanan servis ataupun toko jam tangan sesuai merk arloji anda menjadi tempat yang cocok untuk memperbaiki jam tangan Anda.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More