Monday, July 23, 2012

10 CABANG OLAH RAGA TERANEH DI OLIMPIADE

Sebentar lagi kita akan menyaksikan Olimpiade yang diselenggarakan di kota London, Inggris, pada tanggal 27 Juli 2012 sampai dengan 12 Agustus 2012. Banyak cabang olahraga yang akan dilombakan di sana. Namun tahukah Anda kalau ada beberapa cabang olahraga yang aneh dalam Olimpiade tahun-tahun sebelumnya? Berikut adalah 10 cabang olahraga aneh tersebut.
1. Lomba Menembak Merpati (1900)
oddee.com
Cabang ini hanya dilakukan satu kali yaitu dalam Olimpiade tahun 1900 di Paris, Perancis. Sebanyak hampir 300 ekor merpati dibunuh dan menjadikan tempat lombanya penuh dengan darah. Ini merupakan satu-satunya cabang olahraga yang melibatkan hewan hidup untuk dibunuh.
2. Kabaddi (1936)
Kabaddi
Olahraga ini sangat populer di kawasan Asia Selatan. Tujuan olahraga ini adalah salah satu anggota tim harus memasuki area lawan dan mencetak skor dengan menjatuhkan lawan seperti gulat. Si penyerang tersebut kemudian kembali ke area tim nya sendiri.
3. Lomba Balap Sepeda Selama 12 Jam (1896)
Adolf Schmal
Peserta lomba ini diharuskan untuk bersepeda selama 12 jam, dimulai dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore. Empat orang peserta gagal di tengah jalan karena kelelahan, namun ada juga pemenang dari lomba ini, yaitu Adolf Schmal dari Austria, yang telah bersepeda sejauh 180 mil.
4. Tug Of War (1900 – 1920)
Tug Of War
Mungkin itu adalah istilah keren dari tarik tambang. Namun Tug Of War merupakan satu dari beberapa olahraga pertama yang dilombakan di Olimpiade pertama tahun 500 SM.
Di Olimpiade modern, olahraga ini terdiri dari dua tim masing-masing beranggotakan 8 orang. Yang bisa menarik lawannya sampai sejauh 6 kaki merekalah yang menang. Namun jika dalam 5 menit salah satu tim belum bisa menarik sejauh 6 kaki, maka tim yang menarik paling jauh adalah pemenangnya.
5. Panjat Tali (1896, 1904, 1906, 1924 and 1932)
Panjat Tali
Dalam olaharaga ini pesertanya hanya ditugaskan untuk memanjat tali yang dipasang vertikal, dan menggunakan hanya kedua tangannya.
6. Duel Pistol (1906 dan 1912)
Sasaran tembak
Duel pistol di sini berbeda dengan duel pistol pada zaman koboi, dimana akan ada dua orang yang saling tembak. Di sini pesertanya menembaki patung manekin seperti halnya latihan menembak dalam militer atau polisi.
7. La Canne (1924)
La Canne
Olahraga dari Perancis ini mirip dengan olahraga anggar, hanya saja olahraga ini menggunakan tongkat jalan.
8. Hoki Sepatu Roda (1992)
Hoki sepatu roda
Sama dengan olahraga hoki di permukaan es, namun olahraga ini berada di tempat kering dan menggunakan sepatu roda seperti pada gambar, bukan menggunakan  in-line skate. Yang menjadi pemenang medali emas pada olahraga ini adalah Argentina.
9. Club Swinging (1932)
Club swinging
Seperti senam irama menggunakan pin boling, peserta olahraga ini memutar-mutarkan pin boling (club) tersebut di sekitar tubuhnya dengan pola yang bervariasi.
10. Lomba Renang Rintangan (1900)
Renang rintangan
Olahraga ini merupakan gabungan dari lomba renang dan balap rintangan. Para pesertanya harus memanjat tiang, berebut kapal, dan berenang di bawah kapal. Olahraga ini dilakukan di Sungai Seine, Paris, dan hanya digelar satu kali pada Olimpiade Paris tahun 1900.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More