Thursday, July 12, 2012

MANFAAT DAUN PEPAYA

Sahabat wanita, kalian sudah pernah makan daun papaya? Itu lho, yang rasanya pahit banget. Kemudian batang dan daun pada pepaya mengandung banyak  getah putih, membuat semakin jelas bahwa daun pepaya itu pahit sekali.

Tapi sahabat wanita, ternyata daun papaya itu mempunyai banyak "Keajaiban" lho. Mau tau, apa saja manfaatnya, yuuk langsung kita simak :

1. Sebagai Obat Jerawat
Bagi sahabat wanita yang ngerasa nggak pede punya wajah berjerawat, terutama untuk kaum hawa yang selalu memperhatikan kecantikan. Nah, daun papaya inilah jawabannya untuk bisa mengobati jerawatnya, caranya dengan di olah menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun papaya yang sudah tua, jemur dan tumbuk sampe halus. Tambahkan 1 ½ sendok air, kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah yang berjerawat.
2. Memperlancar Pencernaan
Daun dari tumbuhan papaya, ternyata punya kandungan kimia senyawa karpain. Zat tersebut bisa membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu pencernaan.
3. Menambah Nafsu Makan
Baru sadar, kalau daun papaya dapat membantu menambah nafsu makan. Dan, ini bermanfaat untuk anak-anak yang susah makan. Ambil daun papaya yang segar dengan ukuran sebesar telapak tangan, tambahin sedikit garam dan air hangat ½ cangkir. Lalu, di blender dan saring airnya, Nah, airnya itu yang bisa dimanfatkan untuk menambah nafsu makan.
4. Demam Berdarah
Daun papaya juga berguna untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah. Ambil 5 lembar daun, tambahkan ½ liter air, lalu direbus. Ambil air jika sudah tinggal 3/4 nya untuk diminum. Saya pun belum pernah membuktikkannya, jadi jika keadaanmu yang terjangkit demam berdarah masih belum membaik, monggo segera ke dokter yah,, anggap saja ini sebagai pertolongan pertama, hehe
5. Nyeri Haid
Perempuan Jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun papaya untuk ngobatin nyeri haid. Lalu, campur segelas air dan rebus deh. Sebelum diminum, dinginkan dahulu ramuan tersebut.
6. Anti Kanker
Untuk yang terakhir ini, masih belum pasti. Tapi dari beberapa penelitian bahwa daun papaya juga bisa dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan daunnya saja sih, tetapi batang papaya, juga bisa dipakai. Karena keduanya memiliki milky latex ( getah putih seperti susu).
Nah, itulah keajaiban daun pepaya yang wajib sahabat wanita tahu. Semoga ini bisa bermanfaat bagi sahabat wanita yang mempunyai keluhan seperti diatas

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More