Wednesday, July 4, 2012

BAHAYA DIBALIK TIRAI KAMAR MANDI


ilustrasi
Jika kamar mandi Anda menggunakan tirai yang banyak dijual di pasaran sebaiknya hati-hati. Sebagian besar tirai kamar mandi dibuat dari polyvinylchloride, yang mengandung substansi kimia berbahaya.

Substansi tersebut terdiri dari phthalate, organotin, dan volatile organic compounds (VOC) yang sangat membahayakan kesehatan. Peneliti dari lembaga non profit "Centre for Health, Environment and Justice" di Amerika Serikat memeriksa kandungan udara pada beberapa tempat yang menggunakan tirai kamar mandi. Hasilnya, level substansi tersebut sangat tinggi setelah 28 hari digunakan.

Selain itu, jenis VOC pun bukan hanya satu saja melainkan 100 jenis. Fakta tersebut didapatkan dengan tidak mengubah temperatur dan kelembaban ruang. Jika temperatur ruangan meninggi maka kemungkinan besar, level substansi kimia berbahaya akan semakin bertambah di udara.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya. Pasalnya, phthalate itu berefek buruk pada sistem reproduksi pria, antara lain menurunkan kualitas sperma. Lalu, VOC mengiritasi udara yang dihirup dan bisa menimbulkan penyakit pada sistem pernafasan. Tidak hanya itu, VOC juga bisa merusak sistem saraf dan memicu terjadinya masalah pada hati dan ginjal.

Lebih berhati-hatilah saat membeli tirai untuk kamar mandi Anda. Perhatikan bahan pembuat tirai kamar mandi sebelum Anda membelinya biasanya tercantum dalam label. Jika memungkinkan sebaiknya gunakan saja pintu kaca untuk kamar mandi sebagai pengganti tirai.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More