Monday, July 9, 2012

AWAS ! MENGUPING BISA BIKIN TULI

 
Ketika Anda sedang mencuri dengar pembicaraan orang lain, Anda cenderung akan tuli terhadap kata-kata yang diucapkan oleh orang yang berada lebih dekat kepada Anda. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Peneliti dari Royal Holloway, University of London, menemukan bahwa lebih dari dua pertiga orang yang sedang mencuri dengar pembicaraan orang lain akan terlalu fokus terhadap aktivitasnya itu dan membuat otak tidak mampu mengenali suara lain, bahkan sumber suara yang lebih dekat dan lebih keras sekalipun.


Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati aktivitas beberapa orang yang sedang menguping pembicaraan orang lain yang berada tidak jauh dari tempatnya duduk. Setelah itu orang yang duduk disebelahnya diminta untuk mengucapkan satu kata yang disebutkan berulang kali selama 19 detik.


Ternyata, orang yang sedang menguping tersebut tidak mampu mendengar kata-kata yang diucapkan orang di sebelahnya meskipun dalam jarak yang lebih dekat dan dilakukan berulang-ulang.


Hal ini terjadi karena saraf pada telinga dipaksa untuk lebih fokus terhadap suara lirih yang lebih ingin Anda dengarkan. Ini merupakan contoh bagaimana percakapan intens bisa membuat seseorang menjadi tuli terhadap dunia di sekitarnya, katanya.


Tuli disini bukan dalam artian seseorang akan menderita kerusakan pendengaran dengan aktivitas mencuri dengar pembicaraan orang lain. Tetapi lebih diartikan terhadap hilangnya kepekaan terhadap suara disekitarnya karena terlalu berkonsentrasi terhadap suara lain yang lebih ingin diketahui.


Sebuah studi pada tahun 1999 juga menyatakan hal yang sama terhadap penglihatan. Seseorang yang terlalu berfokus mengamati suatu hal dapat menjadi 'buta' terhadap peristiwa yang terjadi tepat di depannya. Namun studi ini adalah yang pertama untuk menunjukkan bahwa hal tersebut juga memiliki pengaruh terhadap pendengaran.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More