Thursday, February 14, 2013

7 Politisi Paling Kaya Di Dunia

7 Politisi Paling Kaya Di Dunia
 
7 Politisi Paling Kaya Di Dunia - Politisi kaya memang sudah tidak heran lagi banyak politisi di dunia ini yang memiliki harta selangit dan memiliki kekuasan,  seperti di kutip dari detik.com berikut ini 7 Politisi Paling Kaya Di Dunia mau tahu siapa saja mereka simak berikut ini.

1. Kandidat Senat AS Jeff Greene

http://images.detik.com/customthumb/2012/07/19/1148/094031_jeffgreenereuters.jpeg?w=460
Kekayaan kandidat senat dari Partai Demokrat Amerika Serikat ini mencapai US$ 2,1 miliar. Saat maju, dia kalah dalam pertarungan internal dari kandidat lain Kendrick Meek. Jeff menduduki peringkat 200 di jajaran orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Dia adalah pebisnis properti dan perusahaan investasi.


2. Presiden Chile Sebastian Pinera


Sebastian Pinera adalah Presiden Chile sejak tahun 2010 hingga sekarang. Dalam catatan Forbes, dia memiliki kekayaan sebesar US$ 2,4 miliar. Sejak terpilih tahun 2010, Pinera terus berkampanye akan menjual perusahaannya. Benar saja, dia saat itu menjual 26 persen sahamnya di perusahaan penerbangan Chile, lalu menjual juga TV Chilevision dan klub sepakbola Blanco & Negro. Namun sejak tahun lalu, kekayaan Pinera terus menurun karena kondisi perekonomian yang semakin memburuk.


3. PM Libanon Najib Mikati

Forbes mencatat kekayaan Perdana Menteri Najib Mikati sebesar US$ 3 miliar. Dia menjabat sejak Januari 2011 hingga sekarang. Najib menjadi perdana menteri Libanon saat kondisi politik negara tersebut sedang sulit. Kekerasan menghantui wilayahnya dan negara tetangga seperti Suriah. Mikati kerap menggunakan twitter untuk menjelaskan kebijakannya. Mikati adalah pebisnis ulung di bidang telekomunikasi. Dia mendirikan perusahaan Investcom bersama saudaranya pada tahun 1982 lalu menjualnya di bulan Juni 2006 ke perusaahaan asal Afrika Selatan.


4. Politisi Mesir Naguib Sawiris

 

Kekayaan pendiri Partai Liberal Mesir ini berbeda tipis dengan Najib Mikati. Dia tercatat oleh Forbes memiliki harta senilai  US$ 3,1 miliar. Wow! Sawiri terjun ke dunia politik saat partainya terbentuk tahun lalu. Dia adalah tokoh yang paling gencar mempromosikan pasar bebas dan pemerintahan sekuler. Sosok Sawiris sempat menjadi kontroversi kala dia berkicau di twitter dengan gambar Mickey Mouse berjanggut dan Minnie yang berjilbab. Aksi ini diprotes oleh kalangan Islam garis keras Mesir.


5. Senator Rusia Andrei Guriev

andreikommersant

Andrei Guriev adalah senator untuk Dewan Federasi Rusia sejak tahun 2001. Dia adalah mantan pemimpin komunis yang berubah menjadi miliuner dengan bisnisnya di bidang pertambangan dan pertanian. Guriev berubah menjadi kapitalis saat bekerja sama dengan grup Mikhail Khodorkovsky Menatep. Mereka memproduksi konsentrat fosfor pupuk terbesar kedua di dunia.


6. Politisi AS Henry Ross Perot Sr.

henryrossforbes

Kandidat Presiden Amerika Serikat yang maju pada tahun 1992 dan 1996 ini memiliki kekayaan sebesar US$ 3,5 miliar. Dia adalah pebisnis ulung di bidang pertambangan, properti dan industri mesin. Pada tahun 1992, dia menghabiskan US$ 60 juta untuk kampanye dan mendapat 19 persen suara. Namun jumlah itu tak cukup untuk membuatnya jadi presiden AS. Lalu pada tahun 1996 dia kembali maju sebagai kandidat, namun gagal pula dengan hanya memperoleh suara 8 persen dengan partai Reformasi.

 
7. Eks PM Italia Silvio Berlusconi

berlusconi

Politisi penuh kontroversi Silvio Berlusconi masuk dalam jajaran elite orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 5,9 miliar. Selama tiga tahun menjabat sebagai perdana menteri, Berlusconi selalu diliputi kontroversi. Dia pernah terlibat skandal seks hingga korupsi. Pemilik klub AC Milan itu bahkan pernah masuk penjara. Sebelum menjadi politisi, Berlusconi adalah pebisnis di bidang konstruksi. Belakangan, dia juga pemilik beberapa media di Italia.
 
Nah, itulah 7 Politisi Paling Kaya Di Dunia semoga menambah wawasan anda
 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More