Wednesday, November 7, 2012

MENGENALI WORKSHOP BISNIS

Sebuah wokshop bisnis baik itu untuk bisnis offline maupun online akan selalu menjanjikan berbagai manfaat yang bisa diambil oleh para pesertanya, terutama bagi mereka yang sedang menekuni bisnis online dan internet marketing. Pertemuan secara langsung seperti ini sangat penting untuk mendongkrak apa yang telah dicapai dalam bisnis. Meskipun internet telah hampir meniadakan kendala jarak dan waktu dalam berkomunikasi, namun acara live memberikan kesempatan untuk lebih membangun hubungan secara personal dengan orang-orang dalam dunia yang sama, satu visi, satu misi dalam pengembangan bisnis.
 
Pertemuan dengan mereka yang lebih ahli akan membawa perubahan besar, terlebih pada mindset Anda sebagai seorang pebisnis online.  Ada lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan workshop live seperti ini dibandingkan dengan webinar secara online, adalah Anda bisa berfokus dalam sebuah situasi dan kondisi yang benar-benar membahas dunia bisnis, tidak ada gangguan lingkungan sekitar yang di luar pembahasan tersebut. Ini lah kenapa dikatakan akan dapat membuat pertumbuhan bisnis Anda menjadi semakin pesat.
 
Nah sekarang mungkin Anda sudah siap untuk menghadiri sebuah workshop, pilihan pertama adalah yang diselenggarakan di wilayah Anda tentunya. Mereka biasanya diadakan di beberapa tempat populer seperti hotel, perguruan tinggi setempat dan gedung-gedung pertemuan lainnya. Penyelenggara biasanya adalah Departemen Perdagangan atau institusi bisnis yang lainnya dalam rangka mengembangkan UKM yang ada di wilayah tersebut.  ini adalah alasan utama kenapa sebaiknya Anda dalam memilih workshop lokal. Mereka akan lebih terfokus pada potensi daerah tempat penyelenggaraan dan lebih memperhatikan kepentingan pengusaha lokal dengan tambahan memahami kondisi alam dan juga birokrasi setempat.
 
Seperti misalnya sebuah workshop yang diadakan di daerah Riau, merupakan sebuah workshop internet marketing dengan tema “Dari Riau Menembus Pasar Dunia” ini memfokuskan perhatian dan materi diskusi pada potensi lokal wilayah Riau.  Sudut pandang dan pembahasan yang dilakukan seputar sumber daya yang ada di kepulauan Riau, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia. Kemudian berkembang pada berbagai strategy yang bisa dilakukan untuk lebih memaksimalkan apapun yang bisa dikreasikan oleh berbagai UKM lokal untuk  go internasional dan menembus pasar dunia melalui tekhnologi yang disebut internet.
 
Workshop internet marketing memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan workshop bisnis biasa, pasalnya mereka akan lebih membuka mindset setiap pengusaha kecil maupun besar untuk lebih melek tekhnologi dan menyadari ada begitu banyak peluang yang dapat diambil melalui jaringan internet dan dunia online.  Menembus pasar dunia tidak akan terlalu sulit juga tidak membutuhkan biaya sangat besar seperti yang dibayangkan sebelumnya. Beberapa tahun terakhir berbagai metode telah dijalankan dan dikembangkan oleh para praktisi bisnis online, sekian banyak jutawan terlahir dari jalan ini.  Bagaimana memulai sebuah usaha kecil menengah dengan modal yang sangat minim, bagaimana memanfaatkan setiap tekhnologi yang ada untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, bagaimana mengahadapi persaingan ketat yang terjadi di dunia bisnis online, cara menembak pasar dunia hanya dari depan komputer, bagaimana mengoptimalkan bisnis yang telah berjalan dan masih banyak lagi strategi yang akan dibagikan dalam workshop tersebut. 
 
Meskipun akan sangat jarang terjadi namun ada kalanya Anda kesulitan mendapatkan sebuah workshop bisnis yang berkualitas di wilayah tempat tinggal Anda. Yang dapat Anda lakukan adalah berkomunikasi dengan beberapa instansi dan juga perusahaan dagang yang cukup besar di sekitar Anda. Akan lebih mudah jika Anda telah mengetahui kredibilitas masing-masing perusahaan tempat Anda mengambil informasi. Mereka biasa melakukan sebuah seminar, lokakarya atau workshop untuk memperkenalkan produk baru atau sekedar memberikan sponsor untuk sebuah workshop yang dilakukan oleh beberapa orang praktisi  UKM.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More