Tuesday, November 27, 2012

MENGHINDARI KESALAHAN MERAWAT BAYI

Mencemaskan sesuatu
Tidak masalah jika bayi Anda muntah atau menangis, jangan terlalu mencemaskan hal itu. Namun jika hal itu Anda lihat berlangsung terlalu lama, Anda bisa segera ke dokter menghilangkan rasa khawatir Anda.

Khawatir dengan tangisan
Ketika bayi Anda menangis, tidak berarti Anda melakukan kesalahan. Bayi memang dirancang untuk menangis. Anda tinggal mengganti popok, menyelimutinya atau memberinya makan. Namun, jika bayi Anda sulit ditenangkan lebih dari satu jam, hubungi dokter Anda.

Bangunkan bayi untuk menyusu
Bayi Anda akan menangis ketika dia lapar, haus dan sebagainya. Usahakan tidak membangunkan bayi Anda di tengan malam karena Anda pikir dia lapar. Menyusui bayi bisa sepanjang malam. Jika mereka butuh susu, mereka akan bangun sendiri.

Bingung dengan mutah dan gumoh
Semua bayi gumoh. Jangan berpikir mereka muntah karena makanan. Jika bayi muntah secara berkala (sekitar 25-30 menit), bisa saja ada yang salah.

Memperbaiki kursi mobil
Setelah usia bayi Anda tiga bulan, dan membawa bayi Anda keluar dengan mobil rasanya menyenangkan, tapi pastikan kursi mobil Anda telah diatur dengan baik. Minta bantuan seseorang jika Anda belum, yakin, lebih baik pastikan semua aman daripada nanti Anda menyesal.

Melupakan perawatan mulut
Hanya karena bayi Anda tidak memiliki gigi, bukan berarti mereka tidak perlu perawatan mulut. Ambillah kain lembut dan oleskan ke gusi bayi Anda. Setelah giginya tumbuh, jangan biarkan bayi Anda minum susu sambil tiduran. Ini upaya untuk menghindari gigi berlubang dan membusuk.

Berdebat dengan pasangan Anda
Ingat, orang tua adalah mitra. Karena itu jangan berdebat panjang untuk hal-hal yang bisa diambil solusinya, terutama di depan bayi Anda. Ingat, bayi usia empat bulan saja dapat merasakan adanya perdebatan antara orangtuanya.

Mendengarkan nasihat orang tua
Berapa banyak yang menyarankan Anda tentang cara menggendong bayi, memberi makan dan bersendawa bayi. Mengapa bayi menangis, mandi. Saran selalu Anda terima, tapi tidak dilakukan dengan semestinya. Sebaiknya, apa yang dinasihatkan orang tua Anda lakukan, karena semua untuk kebaikan bayi Anda.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More