Wednesday, November 7, 2012

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT SARAPAN

pocongggg.blogspot.com - Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Sarapan dianggap penting karena manfaatnyauntuk kesehatan. Ada banyak pilihan sarapan yang sehat untuk dipilih sepertimelon, oatmeal, susu, bubur dan telur dadar. Namun tidak semua makanan baikdikonsumsi untuk sarapan.

Seperti dilansir symptomfind.com, berikutadalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk sarapan:

Kue Kering

Meskipun enak dan gampang disantap, kue keringbanyak mengandung gula beku, lapisan gula dan bahan-bahan lainnya. Karbohidratyang berlebihan akan membuat perut lebih cepat terasa lapar jika dibandingkandengan memakan protein tanpa lemak.

Sebagian besar kue kering juga dibuat daritepung putih, bukan biji-bijian. Tepung putih merupakan karbohidrat olahan yangkaya akan lemak dan kalori. Gantilah kue kering dengan roti gandum panggangatau muffin untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung dan pembuluhdarah

Telur Dadar Ditambah Lemak dan Kolesterol

Telur dadar merupakan protein danbanyak mengandung nutrisi. Orang yang harus membatasi asupan kolesterol masihboleh memakan telur dalam porsi sedang atau hanya memakan bagian putih telurnyasaja.

Sayangnya, telur yang dihidangkan dengan kejudan banyak ditaburi garam dapat menyumbat pembuluh darah. Akan lebih baik jikamenghidangkan telur rebus atau telur yang digoreng dengan minyak sayur yanglebih sehat.


Lemak Daging
Sosis dan daging merah sering dihidangkanuntuk sarapan. Namun makanan ini bisa memicu penyakit jantung, meningkatkankadar kolesterol jahat dan memicu stroke.

Protein memang penting untuk sarapan dan dapatmembantu tetap kenyang sampai waktu makan siang. Untuk mengganti daging merah,ayam dan telur merupakan protein tanpa lemak yang lebih menyehatkan.

Donat

Donat sebaiknya dihindari untuk sarapan. Donatbanyak mengandung gula, baik gula yang ditaburkan, gula bubuk atau lapisangula. Selain itu, donat juga banyak mengandung lemak trans dan sebagian besardonat dibuat dengan tepung putih, bukan biji-bijian.

Nilai gizi donat hanya sedikit atau bahkantidak ada. Makanan kaya lemak dan kalori tinggi ini dapat menyebabkan obesitas,meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit serius lainnya.

Jus Buah atau Minuman Lain dalam Kemasan

Jus buah dalam kemasan tidak sesehat buahutuh. Jus buah yang diklaim terbuat dari apel, anggur, jeruk dan lemon telahditambahkan gula yang memiliki efek sama buruknya seperti soda. Jika mencarimakanan yang banyak mengandung vitamin C untuk sarapan, akan lebih baik jikamakan buah-buahan.

Selain jus buah, makanan lain yang seharusnyasehat bisa menjadi tidak sehat karena telah ditambahkan berbagai macam bahanlain. Bacalah label nutrisi pada kemasan untuk memastikan kandungan bahan-bahandi dalamnya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More