Saturday, December 1, 2012

10 LANGKAH MUDAH LINDUNGI PRIVASI ONLINE DI INTERNET

Tips 10 Langkah Mudah Lindungi Privasi Online di Internet, dan ini sangat penting bagi sobat yang menginginkan privasi buat diri sobat.
Privasi online di internet penting untuk dijaga. Selain melindungi data diri Anda, dengan pengaturan privasi yang aman, aktivitas apapun di internet juga akan berlangsung nyaman. Dan berikut 10 langkah mudah melindungi privasi online di internet.

1. Tambahkan password di perangkat
Apapun perangkat yang digunakan, alangkah baiknya menambahkan kata sandi atau mengunci perangkat untuk meningkatkan keamanan. Misalkan di ponsel yang dimiliki, tablet, atau komputer.
Jika seandainya saja tablet Anda terjatuh di jalan atau tertinggal di lokasi yang tak diketahui, dengan dibekali kata sandi yang terproteksi, tablet tersebut tak bisa dibuka oleh pengguna selain Anda.
2. Manfaatkan tool Google Alert
Pernah mendengar fitur Google Alert? Sebuah tool ‘pengingat’ bilamana topik baru tertentu hadir di internet sesuai dengan konten yang ingin di-alert-kan.
Google Alert bisa dimanfaatkan guna mengetahui apakah ada konten di internet yang menyangkut data diri Anda. Tinggal masukkan kata kunci yang diinginkan dengan data diri Anda. Misalkan saja nama.
3. Keluar setelah selesai
Sangat disarakan untul selalu log out di semua sesi akun internet jika telah selesai menggunakan. Meski menggunakan komputer pribadi, ini merupakan langkah pengamanan yang efektif untuk mencegah kebocoran akun.
4. Jangan asal kasih data diri
Jika ada yang meminta data diri Anda, misalkan saja email, alamat, atau nomor telepon, jangan asal memberinya. Misalkan saja ada yang menjanjikan promo diskon online dengan meminta data diri yang ada. Jangan asal memberikan data diri tersebut.
5. Enskripsi komputer
Dengan mengensripsi PC maka keamanan komputer akan dilipatgandakan. Di Mac, tinggal masuk ke Security and Privacy kemudian ke FileVault dan pilih Turn on FileVault. Untuk PC (Windows) membutuhkan Bitlocker.
6. Aktifkan authentication 2 langkah Gmail
Dengan dua langkah ganda, maka akan sangat sulit bagi orang tak bertanggug jawab berusaha membobol akun Gmail Anda. setidaknya mereka harus melewati dua langkah verifikasi.
7. Bayar tunai
Bayarlah dengan uang tunai untuk produk atau layanan jasa yang tidak memiliki harga mahal. Langkah ini untuk meminimalisir pelacakan kartu kredit yang Anda gunakan untuk membayar.
8. Ganti privasi ke hanya teman
Langkah ini sjatinya mutlak dilakukan bagi facebooker. Sangat disarankan untuk men-setting ke hanya teman atau friends only di profil serta postingan yang dibagikan.
9. Hapus riwayat peramban dan cookie secara berkala
Langkah ini dilakukan agar jejak yang tersisa tatkala Anda beraktivitas di internet tidak bisa ditelusuri oleh pengguna lain. Patut diingat, jangan merasa yakin jika meski menggunakan komputer pribadi bakal aman.
Justru sugesti aman tersebut berbahaya. Jika komputer pribadi tersebut dipegang oleh pengguna lain, bisa saja data bocor, jejak Anda terekam, dan lainnya. Maka hapus secara berkala.
10. Sembunyikan IP
Menyembunyikan IP bisa saja dilakukan untuk mengaburkan jejak lokasi online Anda. Gunakan tool gratis di internet. Misalkan saja HideMyAss.com.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More