Tuesday, December 11, 2012

CONTOH USAHA RUMAHAN - BISNIS CATERING RUMAHAN

Contoh Usaha Rumahan 
Memulai dan membuka usaha katering bisa dijadikan lahan bisnis dirumah yang menjanjikan. Bisnis ini sering dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan makan perseorangan, rumahan, kantoran, resepsi pernikahan, arisan, dan masih banyak lagi acara yang lain yang membutuhkan catering dalam memenuhi kebutuhan konsumsi atau makan.
Bagi kita yang memiliki hobi memasak, tak ada salahnya jika mencoba contoh usaha rumahan ini untuk di jadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Membuka usaha ini tak perlu pikirkan masalah modal dan tempat usaha yang besar. Usaha ini kita mulai dari dapur rumah kita sendiri. Jika tak punya modal lebih, mulailah dengan bisnis catering kecil-kecilan dulu.
Dalam memulai setiap usaha, diperlukan adanya niat dan tekad yang kuat. Jika sudah siap dan mantap, mulailah dengan catering skala kecil, seperti catering rumahan, arisan, maupun untuk pesta ulang tahun.
Masalah besar kecil jumlahnya sesuaikan saja dengan kemampuan modal dan tenaga yang kita miliki. Dan jika sudah berjalan, usaha bisa kita tingkatkan ke skala menengah atau lebih besar lagi. Peningkatan ini tentunya diikuti juga dengan jumlah modal dan tenaga kerja.
Jika tak suka masak, kita bisa bekerja sama dengan orang yang pandai dalam hal masak. Bisa juga menjalin kerja sama dengan pemasok bahan-bahan makanan, contohnya penjual beras, sayuran, penjual daging, juga penjual ikan.

Sukses dalam Usaha Catering Rumahan

Untuk dapat sukses dalam sebuah usaha, di samping berdoa, juga dikuti dengan kerja keras, mengelola dengan baik, dan strategi usaha yang jitu. Dalam usaha ini, yang perlu kita perhatikan yaitu menu dan rasa. Pilihlah menu yang tepat dan rasa yang enak agar menunjang kemajuan bisnis catering yang kita jalankan.
Jika menu dan rasa yang enak, maka orang pun tak akan rugi mengeluarkan uang banyak untuk berlangganan catering kepada kita. Terlebih, jika bahan-bahan yang digunakan terjaga kesegaran dan kebersihannya. Kita bisa membuat menu khas dari usaha catering yang dapat menjadi unggulan.
Selain menu, masalah harga juga menjadi pertimbangan untuk menarik pelanggan. Tak ada salahnya, pada awal usaha ini, kita memberi harga sedikit lebih murah untuk menarik pelanggan. Jika pelanggan puas dengan menunya, kita bisa menaikkan harga kembali di posisi normal, bahkan sedikit lebih mahal. Penentuan harga pun disesuaikan dengan biaya pengeluaran untuk bahan-bahan dan biaya produksi.
Dan yang tak kalah penting dalam usaha ini yaitu masalah promosi dan pemasaran. Kita bisa mempromosikan usaha catering kepada kenalan, tetangga, atau teman maupun rekan-rekan. Media promosi bisa kita lakukan dengan brosur yang disebar ke berbagai komplek perumahan atau perkantoran. Juga bisa pada saat acara arisan atau pengajian.
Masalah pengiriman catering jika kita belum punya karyawan. Saudara atau kerabat kita bisa diajak kerja sama untuk bagian pengiriman dengan sistem upah mingguan atau bulanan.
Bermacam cara bisa ditempuh untuk menuju kesuksesan. Tinggal bagaimana kita melaluinya setahap demi setahap dengan penuh semangat, disiplin, kerja keras, juga doa. Kesuksesan tak diukur dari hasil yang diperoleh, tapi diukur dari proses demi proses yang telah dilewati. Selamat mencoba Contoh Usaha Rumahan diatas.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More