Saturday, December 8, 2012

6 EFEK SAMPING ROKOK YANG TIDAK TERDUGA

6 Efek samping merokok yang tidak terduga
 
Jika perokok diberi tahu bahwa merokok membuat mati pelan-pelan, mereka bisa saja mengelak dengan menjawab, "Memangnya siapa yang mau cepat mati?"

Padahal, selain dampak jangka panjang, merokok juga memberikan efek samping tak terduga yang bisa langsung dirasakan pelakunya. Seperti apa? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari Boldsky (03/12) berikut ini.

Rambut rontok
Perokok
berat berisiko tinggi mengalami kerontokan rambut dan berujung pada kebotakan prematur. Kasus ini kebanyakan dialami oleh pria yang terbiasa merokok dalam waktu lama.

Sistem pencernaan tergangguRacun pada rokok mengikis lapisan perut dan membuat enzim pencernaan tidak mampu berfungsi dengan baik. Itulah sebabnya perokok berat mengalami kesulitan mencerna makanan.

Merusak indra pengecapJika Anda adalah seorang perokok berat, ada kemungkinan kalau Anda pelan-pelan kehilangan rasa dalam mengecap makanan. Maka dari itu, perokok cenderung suka makanan pedas tanpa mengeluh tentang rasanya. Sebab indra mereka sudah mati.

Dehidrasi Merokok juga mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh. Jadi perokok berat akan lebih sering dan banyak minum daripada orang lain. Dampak jangka panjang dehidrasi sendiri adalah bibir kering, kulit kering, dan gangguan saluran kencing.

Menguras energiEfek samping rokok yang tidak terduga lainnya adalah menguras energi perokok. Pasalnya merokok membuat energi paru-paru menurun dan gagal memompa oksigen secara maksimal sehingga tubuh pun akan terasa cepat lemas.

Merusak DNATerakhir, perokok juga merusak sistem DNA dalam tubuh. Sifat dari kerusakan tersebut sebenarnya tidak diketahui secara rinci sampai sekarang. Sehingga merokok bukan cuma menghancurkan kesehatan Anda sekarang, tetapi juga mengancam jiwa keturunan Anda di masa depan.

Itulah efek samping merokok yang kebanyakan tidak diduga oleh banyak orang. Jadi sebaiknya Anda pun berusaha untuk berhenti merokok demi menjaga kesehatan pribadi dan orang lain.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More